Pengertian & Defenisi mengenai Kanker

Pengertian & Defenisi mengenai Kanker

Apa itu kanker ? Jika kalian belum memahami atau belum mengerti dari apa yang dimaksud dengan kanker itu sendiri, Nah, disini kami akan menginformasikan tentang Pengertian & Defenisi mengenai Kanker. Simak baik-baik penjelasannya di bawah ini.


Pengertian & Defenisi mengenai Kanker -Kanker adalah nama yang diberikan untuk kumpulan penyakit terkait. Pada semua jenis kanker, beberapa sel tubuh mulai membelah tanpa berhenti dan menyebar ke jaringan sekitarnya.

Kanker bisa dimulai dibagian manapun di seluruh tubuh manusia, yang terdiri dari triliunan sel. Biasanya, sel manusia tumbuh dan membelah diri untuk membentuk sel baru sesuai kebutuhan tubuh mereka. Ketika sel-sel tumbuh tua atau menjadi rusak, mereka mati, dan sel-sel baru menggantikan tempatnya.

Ketika kanker berkembang, bagaimanapun, proses yang teratur ini rusak. Seiring sel menjadi lebih dan lebih abnormal, sel-sel tua atau rusak bertahan saat mereka harus mati, dan sel-sel baru terbentuk saat tidak dibutuhkan. Sel ekstra ini bisa membelah tanpa berhenti dan bisa membentuk pertumbuhan yang disebut tumor.

Apa perbedaan antara sel kanker dan sel normal ?

Sel kanker berbeda dengan sel normal. Salah satu perbedaan penting adalah sel kanker kurang spesifik di banding sel normal. Artinya, sel normal matang menjadi tipe sel yang sangat berbeda dengan fungsi spesifik, sedangkan sel kanker tidak. Inilah salah satu alasannya, tidak seperti sel normal, sel kanker terus membelah tanpa berhenti.

Selain itu, sel kanker mampu mengabaikan sinyal yang biasanya memberi tahu sel untuk berhenti membelah atau memulai sebuah proses yang dikenal sebagai kematian sel terprogram, atau apoptosis, yang digunakan tubuh untuk menyingkirkan sel yang tidak dibutuhkan.

Sel kanker juga sering bisa menghindari sistem kekebalan tubuh, jaringan organ, jaringan, dan sel khusus yang melindungi tubuh dari infeksi dan kondisi lainnya. Meski sistem kekebalan tubuh biasanya menghilangkan sel yang rusak atau tidak normal dari tubuh, beberapa sel kanker mampu "bersembunyi" dari sistem kekebalan tubuh.

Ada lima kategori utama kanker yaitu diantaranya :

  1. Karsinoma dimulai di kulit atau jaringan yang melapisi organ dalam.
  2. Sarkoma berkembang di tulang, tulang rawan, lemak, otot atau jaringan ikat lainnya.
  3. Leukemia dimulai di darah dan sumsum tulang.
  4. Limfoma dimulai pada sistem kekebalan tubuh.
  5. Kanker sistem saraf pusat berkembang di otak dan sumsum tulang belakang.

Kanker bisa terjadi dimana saja di tubuh. Pada wanita, kanker payudara paling sering terjadi. Pada pria, itu kanker prostat. Sedangkan Kanker paru-paru dan kanker kolorektal mempengaruhi pria dan wanita dalam jumlah tinggi.

Itulah pengertian & defenisi mengenai kanker. Sekian penjelasan dari kami, Semoga bisa berguna dan menjadi ilmu bagi para pembaca dengan adanya arikel.ini. Terimakasih, Semoga artikel ini sangat bermanfaat.

posted by :

Solusi Pengobatan Kanker Alami

Pengertian & Defenisi mengenai Kanker


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagai Faktor Resiko Yang Memicu Kanker Payudara

Berbagai Faktor Resiko Yang Memicu Kanker Payudara Selamat datang kembali di blog kesehatan kami yang akan selalu menginformasikan untuk ...