Inilah Jenis-Jenis Penyakit Kanker yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Jenis-Jenis Penyakit Kanker yang Perlu Anda Ketahui

Selamat datang dan berkunjung di blog kesehatan kami. Dalam kesempatan kali ini kami akan menginformsikan mengenai Jenis-Jenis Penyakit Kanker Yang Perlu Anda Ketahui. Simak baik-baik penjelasannya di bawah ini.

Inilah Jenis-Jenis Penyakit Kanker yang Perlu Anda Ketahui -Kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkontrol di manapun dalam tubuh. Sel abnormal ini disebut sel kanker, sel ganas , atau sel tumor . Sel-sel ini bisa menyusup ke jaringan tubuh normal. Banyak kanker dan sel abnormal yang membentuk jaringan kanker diidentifikasi lebih lanjut dengan nama jaringan yang berasal dari sel abnormal.

Inilah Jenis-Jenis Penyakit Kanker yang Perlu Anda Ketahui

Kanker payudara

Kanker payudara adalah pertumbuhan abnormal sel-sel yang melapisi lobulus payudara atau saluran. Sel-sel ini tumbuh tak terkendali dan berpotensi menyebar ke bagian tubuh yang lain. Baik wanita maupun pria bisa terkena kanker payudara, meski kanker payudara jarang terjadi pada pria.

Kanker serviks

Kanker serviks adalah pertumbuhan sel abnormal pada lapisan serviks. Kanker yang paling sering dimulai di daerah leher rahim disebut zona transformasi , namun bisa menyebar ke jaringan di sekitar serviks, seperti vagina, atau ke bagian tubuh lainnya, seperti paru-paru atau hati.

Kanker Rahim

Kanker rahim dimulai dari sel abnormal di lapisan rahim (endometrium), jaringan otot (myometrium), atau jaringan ikat yang mendukung endometrium (stroma).

Gejala kanker rahim yang paling umum adalah perdarahan vagina yang tidak biasa, terutama perdarahan setelah menopause. Beberapa wanita mengalami bau, cairan berair. Gejala lainnya meliputi nyeri perut, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, atau sulit buang air kecil. Gejala ini bisa terjadi karena alasan lain, tapi yang terbaik adalah memeriksakan diri ke dokter.

Leukemia (Kanker Darah)

Leukemia adalah kanker sel pembentuk darah. Leukemia biasanya menyebabkan sejumlah besar sel darah putih dibuat. Sel abnormal ini biasanya tidak bisa melakukan fungsi normal sel darah putih. Mereka mengacak sumsum tulang dan menumpahkan darah ke dalam darah dan kemudian menyebar ke organ-organ seperti hati, limpa, paru-paru dan ginjal. Terkadang, mereka juga bisa menyebar ke cairan di sekitar otak dan sumsum tulang belakang. 

Kanker pankreas

Kanker pankreas terjadi ketika sel ganas berkembang di bagian pankreas. Hal ini dapat mempengaruhi bagaimana pankreas bekerja, termasuk fungsi kelenjar eksokrin atau endokrin. Kanker pankreas dapat terjadi di bagian pankreas manapun, namun sekitar 70% kanker pankreas terletak di kepala pankreas.

Kanker pankreas juga bisa menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya (bagian dari sistem kekebalan tubuh), pembuluh darah atau saraf. Sel kanker bisa berjalan melalui aliran darah ke bagian tubuh yang lain, seperti hati. 

Kanker Ovarium

Kanker ovarium adalah tumor ganas pada salah satu atau kedua indung telur. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa banyak kanker ovarium mulai di tuba falopi. Hal ini berbeda dengan kanker tuba fallopi, yang jarang terjadi.

Kanker prostat

Kanker prostat berkembang ketika sel abnormal di kelenjar prostat mulai tumbuh lebih cepat daripada sel normal, dan dengan cara yang tidak terkendali. Sebagian besar kanker prostat tumbuh lebih lambat daripada jenis kanker lainnya, walaupun hal ini tidak selalu terjadi. Kanker prostat dini (atau lokal) berarti sel kanker telah tumbuh, namun sejauh memungkinkan untuk mengatakan, belum menyebar melampaui prostat.

Ada dua tahap kanker prostat stadium lanjut. Jika kanker tumbuh dan menyebar di luar kelenjar prostat ke dalam vesikula seminalis (kelenjar yang berada di dekat prostat) atau bagian tubuh terdekat, seperti kandung kemih atau rektum, disebut kanker prostat stadium lanjut. Kanker prostat metastatik adalah saat kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang jauh seperti kelenjar getah bening atau tulang belulang.

Kanker ginjal

Kanker ginjal adalah kanker yang dimulai pada sel-sel ginjal. Sekitar 9 dari 10 kanker ginjal adalah karsinoma sel ginjal (RCC), kadang-kadang disebut adenokarsinoma ginjal. Informasi dalam bagian ini adalah tentang RCC.

Pada tahap awal RCC, kanker primer membentuk tumor yang terbatas pada ginjal. Di hampir semua kasus, hanya satu ginjal saja yang terkena, namun dalam kasus yang jarang terjadi, keduanya dapat terpengaruh. Seiring pertumbuhan kanker, ia mungkin menyerang struktur di dekat ginjal, seperti jaringan lemak di sekitarnya, vena, kelenjar adrenal, ureter atau hati. Bisa juga menyebar ke bagian lain tubuh, seperti paru-paru atau tulang.

Kanker Tiroid

Kanker tiroid berkembang ketika sel-sel kelenjar tiroid tumbuh dan membelah dengan cara yang tidak teratur (abnormal). 

Kanker tiroid biasanya berkembang perlahan, tanpa banyak tanda atau gejala yang jelas. Namun, beberapa orang mengalami satu atau beberapa hal berikut:
Tonjolan tanpa rasa sakit di leher atau tenggorokan, yang secara bertahap bisa bertambah besar, kesulitan menelan, sulit bernafas, suara serak
Membengkak kelenjar getah bening di leher, yang perlahan tumbuh dalam ukuran selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. 

Melanoma (Kanker Kulit)

Melanoma adalah sejenis kanker kulit. Ini berkembang dalam melanosit (sel pigmen) dan biasanya terjadi pada bagian tubuh yang telah overexosed sinar matahari. Melanoma langka juga bisa dimulai di bagian kulit atau tubuh yang tidak pernah terpapar sinar matahari, seperti sistem saraf, mata dan selaput lendir (lapisan mulut dan saluran pencernaan), telapak kaki, telapak tangan, dan di bawah kuku

Meski salah satu jenis kanker kulit yang kurang umum, melanoma dianggap sebagai jenis kanker kulit yang paling serius karena lebih cenderung menyebar ke bagian tubuh yang lain, terutama jika tidak terdeteksi dini. Melanoma sebelumnya ditemukan, pengobatan yang lebih berhasil kemungkinan besar terjadi.

Kanker paru-paru

Kanker paru-paru adalah tumor ganas yang tumbuh dengan cara yang tidak terkontrol di salah satu atau kedua paru-paru. Kanker yang dimulai di paru-paru dikenal sebagai kanker paru primer. Hal ini dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh seperti kelenjar getah bening, otak, kelenjar adrenal, hati dan tulang. Terkadang kanker dimulai di bagian lain tubuh dan menyebar ke paru-paru. Ini dikenal sebagai kanker sekunder atau metastasis di paru-paru. 

Kanker kandung kemih

Kanker kandung kemih dimulai saat sel-sel di lapisan dalam kandung kemih menjadi abnormal, yang menyebabkannya tumbuh dan terbelah tak terkendali.  ada dua jenis kankek kandung kemih.

Tumor non-otot-invasif
Sel kanker hanya ditemukan di lapisan dalam kandung kemih (urothelium) atau pada lapisan jaringan berikutnya (lamina propria) dan belum berkembang ke lapisan dinding kandung kemih yang lebih dalam. Sebagian besar kanker kandung kemih adalah tumor non-otot-invasif.

Tumor otot-invasif
Kanker yang telah menyebar melampaui urothelium dan lamina propria ke lapisan otot, atau menembus dinding kandung kemih.

Kanker Testis

Kanker yang berkembang di testis disebut kanker testis atau kanker testis. Biasanya hanya satu testis yang terpengaruh, namun dalam beberapa kasus keduanya terpengaruh. Sebagian besar kanker testis dimulai di sel yang berkembang menjadi sperma - ini disebut sel kuman. Terkadang kanker testis bisa menyebar ke kelenjar getah bening di perut, atau ke bagian tubuh yang lain

Kanker saluran empedu

Ini adalah kanker yang dimulai di saluran empedu. Kanker saluran empedu dapat dimulai di sepanjang saluran empedu. Ini memiliki nama yang berbeda tergantung di mana ia mulai, dan gejalanya bergantung pada tempat ia tumbuh di saluran empedu.

Ada berbagai jenis kanker saluran empedu. Beberapa kanker dimulai di saluran empedu di dalam hati dan dikenal sebagai kanker intrahepatik . Yang lainnya memulai di luar hati dan dikenal sebagai kanker saluran empedu ekstrahepatik .

  • Tumor Klatskin (juga disebut kanker perihilar) dimulai dimana saluran hati kanan bergabung dengan saluran hepatik kiri. Sekitar setengah dari semua kanker saluran empedu adalah tumor Klatskin.
  • Kanker saluran empedu intrahepatik dimulai di saluran empedu di hati.
  • Kanker saluran empedu biasa dimulai di saluran empedu yang umum.
  • Kanker saluran empedu multifokal berarti bahwa ada lebih dari satu tumor dan berada di berbagai bagian saluran empedu
itulah beberapa jenis penyakit kanker yang harus anda waspadai. Karena mungkin saja di Indonesia tidak sedikit orang yang mengalami kanker seperti diatas dan mungkin juga ada orang yang meninggal karena menderita salah satu jenis kanker diatas. Demikianlah penjelasan dari kami mengenai Jenis-Jenis Penyakit Kanker. Terimakasih, semoga artikel ini sangat bermanfaat.

Posted by : Solusi Pengobatan Kanker Alami

Inilah Jenis-Jenis Penyakit Kanker yang Perlu Anda Ketahui

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagai Faktor Resiko Yang Memicu Kanker Payudara

Berbagai Faktor Resiko Yang Memicu Kanker Payudara Selamat datang kembali di blog kesehatan kami yang akan selalu menginformasikan untuk ...